BATANG - Realisasi investasi di Kabupaten Batang mengalami penurunan peringkat pada 2023.

 

Meskipun demikian, capaian investasi yang mencengangkan tetap membuat kabupaten ini menjadi sorotan.

 

"Meskipun berada di peringkat kelima, realisasi investasi Kabupaten Batang tahun 2023 mencapai Rp 6,175 triliun, melampaui target Rencana Pembangunan Daerah (RPD) hingga 2026 sebesar Rp 1,5 triliun."

 

"Tapi peringkat kelimanya hanya triwulan empat tahun 2023, belum perhitungan setahun," ungkap Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kabupaten Batang, Sri Cahya Ningrum, Senin (5/2/2024).

 

Menurut Sri Cahya Ningrum, realisasi investasi pada tahun tersebut berhasil mencapai angka sebesar Rp 6,175 triliun.

 

Angka tersebut melampaui total investasi tahun sebelumnya yang mencapai Rp 5,8 triliun.

 

"Nilai investasi itu melebihi target Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023 - 2026, yaitu sebesar Rp 1,5 triliun," ungkapnya.

 

Kontribusi besar terhadap capaian ini berasal dari investasi baru di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

 

Tren positif pertumbuhan investasi ini juga berdampak pada penyerapan tenaga kerja, dengan total 6.791 orang, termasuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang terserap pada tahun 2023.

 

Sri Cahya Ningrum juga menambahkan bahwa minat investasi di KITB Batang terus meningkat, dengan beberapa perusahaan diharapkan segera beroperasi.

 

Pemerintah Kabupaten Batang optimis bahwa target investasi sebesar Rp 2 triliun pada tahun ini dapat tercapai.



Artikel ini telah tayang di Tribun-Pantura.com dengan judul Jadi Sorotan, Segini Realisasi Investasi di Kabupaten Batang Tahun 2023, https://pantura.tribunnews.com/2024/02/06/jadi-sorotan-segini-realisasi-investasi-di-kabupaten-batang-tahun-2023.
Penulis: dina indriani | Editor: m zaenal arifin